Pengelola Dana BOS Perlu Dilatih

banner 468x60)

Pengelola Dana BOS Perlu Dilatih

Masambanews Lutra, – Setiap Kepala UPT(Sekolah), Bendahara Dana BOS dan Komite Sekolah di Kabupaten Luwu Utara, wajib mengetahui pengelolaan Dana BOS. Sehingga bantuan benar-benar bermanfaat.

Harapan ini dikemukakan anggota Komisi I DPRD Luwu Utara dari Partai Gerindra, Paulus Palino,ST.

Dia mengatakan, pemahaman tersebut untuk mengantisipasi terjadinya deviasi dalam pengelolaan Dana BOS.

” Daerah rugi dua kali bila Bantuan Operasional Sekolah(BOS) tidak dimanfaatkan semestinya. Pertama, uangnya hilang dan kedua nilai pemanfaatan yang tidak optimal,” tuturnya pada media ini,19/4/2018.

Dia menjelaskan bahwa BOS dimulai sejak 2005 lalu. Itu merupakan program nasional, untuk membantu percepatan penuntasan program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun. Tujuannya, untuk meringankan beban orang tua siswa dari keluarga tidak mampu.

” Kebanyakan sekolah dan madrasah di Indonesia, dana BOS merupakan komponen terbesar pemasukan dana yang diterima sekolah,” paparnya.

Dia mengungkapkan pentingnya peningkatan keterampilan mengelola dana BOS. Khususnya, menyusun perencanaan dan penganggaran. Tujuannya, guna memaksimalkan, efisiensi dan mengefektifkan pemanfaatan dana.

” Pemantauan kami dilapangan, komite sekolah membuat program dan merapatkan dengan orang tua siswa untuk menyumbang sesuatu item pekerjaan dan dana itu dari orang tua siswa, nah pertanyaannya apakah dana BOS yang diterima tidak cukup untuk sekolah? Ini yang sekarang polemik bagi sekolah yang bersangkutan. Memang ada di item-item penggunaan dana BOS, tapi pencaharian sumbangan dari pengusaha, siswa yang pernah sekolah di tempat itu yang sudah mapan pekerjaannya lalu sodorkan proposal untuk mereka, ini yang dimaksud,” urai Paulus Palino.(yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply