Parawisata di Bumi Lamaranginang Banyak Menjanjikan Tapi Pengelolaannya Belum Serius,

banner 468x60)

Parawisata di Bumi Lamaranginang Banyak Menjanjikan Tapi Pengelolaannya Belum Serius,

MasambaNews, Ultra — DI Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara,Sulawesi Selatan, punya banyak obyek wisata alam yang menarik.

Wilayah Luwu Utara yang didominasi pegunungan menyimpan banyak keindahan alam, seperti Air panas Sassa, Air terjun panas Kanandede dan air panas bumi di pinjara Kecamatan Masamba, hanya belum dikelolah dengan serius dan kelihatan jorok dan berlumut.

Di kaki Gunung Baliase, gunung tertinggi di Bumi Lamaranginang terdapat sumber air panas. Lokasi air panas berada di Desa Pincara, Kecamatan Masamba.

Lokasi ini berjarak sekitar 11 kilometer dari Masamba, ibu kota Luwu Utara.

Namanya Permandian Air Panas Pincara, tapi tidak ada tempat untuk berenang dan itu kolamnya untuk anak-anak, tapi tak terurus dan jorok.

Dulu airnya jernih, alami dari perut pegunungan, hanya belum dikelolah pemerintah dengan serius.

” Sayang, kini obyek wisata tersebut terkesan tak terurus dan tampak jorok di sisi pinggir sungai, namun dengan adanya tempat wisata ini yang diagung-agungkan warga Luwu Utara, tak ada yang menarik dari itu,” ujar pemerhati wisata dan budaya,Bunga

Pantauan media ini, (17/4/2018), tiga kolam di sana sangat jorok dan berlumut, serta tidak terurus, nampak banyak sampah beterbangan bila angin datang dan tempat santai di bawah standar pariwisata dan belum ada tanda-tanda mau direhab, padahal sudah ada dananya di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

“Sudah lama kondisinya begini, memang kotor dan tak terurus ,” ujar Ari warga setempat, serayaAri berharap pemerintah segera merehab dalam tahun ini.

“Bagaimana orang mau datang kalau kondisinya kotor,” paparnya.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply