KPU Lutra Gelar Penetapan DPT 211.643 Pemilih

banner 468x60)

KPU Lutra Gelar Penetapan DPT 211.643 Pemilih

Masambanews. Lutra, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menggelar Rapat Pleno Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2018. Kegiatan ini dilakukan diaula demokrasi KPU Lutra,16 April 2018 kemarin.

Rapat Pleno yang di jadwalkan pada pukul 14.00 wita yang di buka oleh Ketua KPU Lutra Suprianto yang di dampingi oleh Komisioner KPU Lutra Abdul Aziz, Srianto, H. Syamsul Bachri, Syamsul Rijal Sekretais KPU Lutra Andi Kasmawati.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Luwu Utara Muh. Thahar Rum, Kepolres Luwu Utara yang diwakili oleh Kasat Intelkam Iptu Muhajir Dandim 1403 Sawerigading Palopo yang diwakili Perwira Penghubung wilayah Lutra Mayor CBA Sengke Kepada Dinas Kependudukan dan Catan Sipil Mas’ud Masse Komisioner Panwaslu Luwu Utara Ibrahim Umar, Penghubung Paslon, Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panwascam Se Kabupaten Luwu Utara.

Dalam sambutannya Ketua KPU Lutra Suprianto mengatakan, bahwa sebelum penetapan DPT, KPU Lutra telah melaksanakan tahap pemutakhiran data pemilih sesuai dengan petunjuk teknis yang ada.

“Jadi DPT ditetapkan setelah melewati beberapa langkah baik proses penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS), pemutakhiran data, penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran (DPSHP), masukan dan tanggapan masyarakat, perbaikan DPSHP dan penyusunan DPT yang hari ini sesuai tahapan kami tetapkan” ujar Suprianto.

Suprianto merinci bahwa pada tanggal 15 maret 2018 KPU Lutra sudah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) 213.448 yakni Laki-laki 106.813 dan Perempuan 106.635 setelah dilakukan perbaikan seperti meninggal, ganda, pindah, tidak dikenal data tersebut mengalami perubahan yakni 211.643 laki-laki 105.876 perempuan 105.767 yang akan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) yang tersebar di 12 Kecamatan 624 TPS.

Dikatakannya bahwa salah satu yang menjadi perhatian oleh pihak penyelnggara yakni terkait dengan masih adanya warga yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektroni (KTP-el) yang menjadi salah satu syarat untuk bisa menyampaikan hak pilihnya pada tanggal 27 juni 2018.

Lanjut Suprianto jika ada warga yang tidak terdaftar tetapi sudah mempunyai KTP-el atau surat keterangan (suket) didalam aturan boleh menggunakan hak pilih tapi waktunya di jam 12.00 karena proses pemungutan dimulai pada jam 07.00 s/d 13.00 wita.

Penetapan DPT ini kata Suprianto merupakan data yang benar-benar riil, meski sebenarnya masih ada yang harus dilakukan perbaikan, sehingga DPT yang ditetapkan benar-benar berkwalitas.ungkap Suprianto.

Suprianto juga mengucapkan banyak terima kasih kepada PPK, PPS, PPDP yang sudah bekerja keras dalam melakukan proses Pemuktahiran data pemilih ini, dan kepada Panwas yang sudah mendampingi kami dalam melakukan pengawasan sehingga kita dapat melahirkan data pemilih dan hari ini kita tetapkan menjadi DPT. (ri/yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply