Relawan Demokrasi Dikukuhkan Langsung Bimtek

banner 468x60)

Masambanews.Lutra, –  Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menggelar pengukuhan 25 orang Relawan Demokrasi (Relasi) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2018 dan dirangkaikan dengan pelaksanaan Bimbingan Tekhnis(Bimtek).

Kegiatan ini dilakukan di Aula Demokrasi KPU Luwu Utara pada sabtu 14/4/2018. 

Hadir dalam kegiatan pengukuhan tersebut Ketua KPU Lutra Suprianto, Komisioner KPU Lutra, Syamsu Rijal, Abdul Aziz, Syamsul Bachri, Sekretaris KPU Lutra Andi Kasmawati, Para Kasubag dan Staf,  Panwaslu Luwu Utara dan Ketua PPK Se-kabupaten Luwu Utara.

Ke 25 orang Relawan Demokrasi(Relasi) yang dikukuhkan oleh Ketua KPU Luwu Utara, Suprianto SH, akan bertugas membantu KPU dalam menyebar luaskan dan mensosialisasikan tahapan Pilkada Pilgub Sulsel. 

Dalam sambutan Ketua KPU Lutra Suprianto  menyampaikan bahwa sosialisasi Pilkada merupakan kewajiban bagi seluruh komponen penyelenggara pemilu termasuk di dalamnya Relasi.  Sehingga dibutuhkan strategi atau model sosialisasi yang tepat dalam pendidikan pemilih dan bergarap je 25 orang itu dapqt menjaga integritas, serta sebagai corong KPU dalam upaya peningkatan partisipasi masyarakat.

” Jaga integritas dan independensi serta partisipasi masyarakat harus ditingkatkan serta ada enam segmen yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat sampai angka 80% ,yaitu pemilih pemula, perempuan, keagamaan, disabilitas, Profesi, Masyarakat/ Marginal, ” jelas Suprianto.

Dikatakannya KPU Lutra  berharap partisipasi masyarakat dalam Pilgub tahun ini dapat melebihi dari yang di targetkan yang ditetapkan KPU RI, yakni 78% sehingga melalui program Relasi ini dapat memberikan edukasi kepada pemilih dan masyarakat untuk berpartisipasi meningkatkan partisipasi pemilih dan kualitas demokrasi yang semakin baik,” harap Suprianto..

Dalam kegiatan Bimtek tersebut ada empat narasumber, pertama Devisi Teknis Suprianto, Devisi Sosialisasi dan SDM, Syamsu Rijal, Devisi Hukum Abdul aziz, dan  Devisi Program dan Data H. Syamsul Bachri

Para narasumber ini menyampaikan Strategi Komunikasi kepada Pemilih,  memaparkan tentang tahapan Pilkada dan hal hal penting dalam Pendidikan Pemilih mengulas Rencana Program Kerja Relasi.  Peserta Relasi sejumlah 25 (dua puluh lima)  orang yang terbagi empat kelompok.  Antusias peserta menerima materi sekaligus sharing dengan narasumber. 

Direncanakan Relasi akan bekerja sampai dengan Juni 2018 dengan memaksimalkan sosialisasi ke komunitas yang dimiliki oleh semua segmen pemilih sebelum terjun kelapangan.(ri/yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply