Maharuddin Harapkan Perpustakaan Keliling Tingkatkan Daya Baca Masyarakat

banner 468x60)

Maharuddin Harapkan Perpustakaan Keliling Tingkatkan Daya Baca Masyarakat

Masambanews. Lutra, – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispersibda) Kabupaten Luwu Utara mengharapkan perpustakaan keliling dapat meningkatkan daya baca masyarakat dan siswa.

Hal itu diungkapkan Kepala Dispersibda, Mahruddin Hanafi bahwa kegiatan perpustakaan keliling dilaksanakan, karena rendahnya minat baca masyarakat sekaligus mendekatkan pelayanan dengan masyarakat.

“ Fasilitas yang sudah ada di Padar Sentral Masamba dan nantinya juga akan di berikan di Pasar Sentral Bone-bone, Pasar Sentral Sabbang dan Pasar Sukamaju. Perpustakaan tidak lagi dikunjungi tapi perpustakaan yang mengunjungi,” ungkapnya.

Maharuddin menambahkan, mobil perpustakaan keliling terdapat fasilitas pendukung seperti, TV LED, genset, Laptop, modem, proyektor, dan layar proyektor serta Buku 5000 eksemplar dengan 2500 judul setiap judul terdiri dari 2 buah buku, juga mobil perpustakaan keliling setiap hari Senin sampai Jumat dalam minggu,kecuali sekolah tak dikunjungi kalau ada kegiatan berlangsung seperti ujian, semester dan lainnya.

Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah mengatakan, diruangannya (13/4/2018) bahwa indikator keberhasilan dari perpustakaan tersebut tergantung dari jumlah pengunjung yang datang.

“Keberhasilnya juga bisa dilihat dari bagaimana fasilitas mobil perpustakaan keliling yang dua mobil itu bisa dinikmati masyarakat. Dan saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan dan mudah-mudahan mengedukasi niat baca masyarakat,” ucap Maharuddin.

Kadis Perpustakaan menambahkan, bahwa perpustakaan itu adalah sebagai wadah yang memberikan layanan informasi, mengimplementasikan upaya peningkatan minat dan budaya baca melalui program dan kegiatan dinas perpustakaan dan kearsipan daerah Kabupaten Luwu Utara. Dalam upaya mewujudkan misi ke Tuga RPJMD 2016-2021 yaitu, mewujudkan pendidikan berkualitas prestasi kepemudaan dan ketahanan budaya serta upaya mewujudkan target capaian kinerja layanan bidang perpustakaan, meningkatkan akses kualitas layanan pendidikan dan literasi masyarakat.(yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply