Kembangkan Pariwisata di Bumi Lamarangina

banner 468x60)

Kembangkan Pariwisata di Bumi Lamaranginang

Masambanews. Lutra, – Bata Manurun Tandigau, mengaku cukup banyak objek wisata di Lutra yang patut menjadi andalan keparawisataan. Sebab semuanya menampilkan panorama keindahan alam yang spektakuler.

” Katanya, hal ini yang menjadi tujuan wisata adalah Sarambu Alla’ di dusun Tonangka’ Desa Kalotok Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara Sulsel.(13/4/2018).

Disitu ada air terjun yang cukup besar dan ketinggian sekitar 14 meter. Kondisi Sarambu Alla terkesan belum dikelola maksimal. Padahal, objek wisata yang berlokasi disekitar pebukitan ini cukup menjanjikan.

Termasuk diantaranya, air terjun panas yang juga berlokasi di Desa Kanandede Kecamatan Rongkong. Karena terhitung jauh jaraknya dari Masamba yakni 40 km, sehingga pencinta wisata sebenarnya tertantang untuk menghabiskan waktu pekatnya diareal asri, nan sejuk itu.

” Juga ada objek wisata air dingin disana seperti dinginnya es, besarnya seperti sungai. Semuanya terdapat di Kecamatan Rongkong. Semuanya itu patut dipromosikan,” jelas Batman panggilan akrabnyai yang pengagum dan pecinta wisata.

Sesaat kemudian Bata Manurun menjelaskan bahwa jalanan objek wisata Sarambu Alla’ belum begitu mulus kesana.

” Kami kira objek ini patut dikembangkan karena dekat dari batas Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu(pintu gerbang batas Kabupaten). Sebab potensi ” keparawisataannya sangat tinggi. Makanya, kita berharap agar Dinas terkait tak bosan-bosannya segera” menjual” objek ini,” harap Batman.

Menurutnya, peran Dinas Pekerjaan Umum(PU) terkait perbaikan jalan kelokasi juga sangat penting. Sebab wisatawan hanya mau berkunjung jika jalannya bagus.

” Parawisata bisa berkembang jika jalanan bagus. Itu artinya, dibutuhkan peran Dinas PU. Jika wisatawan lokal dan dari luar mau bermalam, perlu ada penginapan yang representatif. Jadi memang semua Dinas saling membutuhkan demi menggapai tujuan masing-masing,” jelas Batman. Kita berharap agar Pemkab secepatnya mengelolah tempat-tempat pariwisata lainnya. Sebab semuanya sangat potensial demi peningkatan Pendapatan Asli Daerah(PAD) Lutra,’ sarannya.

Dengan perkembangan pariwisata di Bumi Lamaranginang mengandung potensi besar untuk mensejahterahkan juga warga sekitar objek wisata itu,” harap Bata Manurun.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply