Orang Tua Waspadai Aktivitas Media Sosial Anak

banner 468x60)

Orang Tua Waspadai Aktivitas Media Sosial Anak

Masambanews. Lutra, – Ketua Umum Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Luwu Utara Ir Marthina Simon M.Si mengatakan dan mengimbau para orang tua anggota IKAT perlu mengawasi kegiatan anaknya saat bermedia sosial untuk menghindari dampak negatifnya.

Hal ini diutarakan Marthina Simon yang akrab disapa Indo’ di kediamannya (5/4).

” Pertama yang perlu dipertanyakan adalah apakah anak perlu memiliki media sosial ? Apakah usianya sudah tepat ? Batasan umur yang diterapkan pengembang media sosial tentu memiliki alasan,” tutur Indo’ sapaan akrab Ketua Umum IKAT Luwu Utara.

Bila telah memiliki media sosial(medsos), Marthina mengatakan orang tua perlu mendampingi anaknya, salah satu caranya orang tua harus mengetahui kata sandi akun mediasosial anak, selain berteman dengan anaknya di media sosial.

” Kalau sudah berteman, orang tua juga perlu menjaga perilaku. Kalau ada masalah, jangan langsung ikut berkomentar di media sosial, tetapi bicarakan langsung baik-baik di dunia nyata bukan di dunia maya,” ucapnya.

Orang tua juga perlu memberi pemahaman kepada anak bahwa internet adalah ruang publik sehingga anak harus bisa menjaga dan memilah apa yang akan diunggah atau dibagikan supaya tidak menjadi korban bullying.
” Orang tua bisa mengibaratkan internet seperti di mall. Di dalam mall kan tidak bisa juga seorang seorang teriak-teriak sembarangan,” pesan indo’ ini pada anggota IKAT Lutra.

Lalu, apa yang harus dilakukan orang tua bila anaknya di- bully di media sosial ? Marthina menjawab, bullying di media sosial lebih baik didiamkan saja, tidak perlu ditanggapi, apalagi dibalas. Lebih baik orangtua fokus mendampungi anak supaya kuat dan tidak mendapat pengaruh negatif yakni selalu mendoakan anak kita.

” Namun, bullying yang terjadi perlu disimpan sebagai barang bukti bila dikemudian hari hal itu sampai ke ranah hukum,” pesan Marthina Simon. (yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply