Nuralim S.STP; Semua Ada Aturannya Pemberhentian dan Pengangkatan Aparat Desa

banner 468x60)

Nuralim S.STP; Semua Ada Aturannya Pemberhentian dan Pengangkatan Aparat Desa

Masambanews Lutra, – Kepala pemerintahan Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara Sulsel Nuralim S.STP kembali mengingatkan kepada para Kepala Desa diwilayahnya, agar dalam memberhentikan dan mengangkat aparat desa, seperti kaur termasuk Kepala Dusun harus dilakukan sesuai mekanisme dan aturan yang telah ditetapkan.

Hal ini diungkapkan Camat Sabbang Nuralim S.STP pada media ini diruangannya, (4/4), bagi Kepala Desa yang aparatnya sudah ,lewat umur supaya diganti sesuai Aturan dan Undang-Undang.

Nuralim mengaku, mengangkat dan memberhentikan aparat desa merupakan hak Kepala Desa, namun Kepala Desa(Kades) dalam hal ini jangan asal bertindak, dalam artian jangan asal memberhentikan dan mengangkat, semua ada aturan mainnya yang perlu diikuti para Kades.

Camat Sabbang Nuralim mengingatkan kembali jelang Pilkades serentak di bulan Juli 2018. Sebab, kata Nuralim Camat Sabbang Kabupaten Luwu Utara,
semuanya sudah jelas diatur dalam Undang-Undang No 6 tahin 2014 tentang Desa, kemudian PP No. 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU No 6.

” Dalam UU tersebut sudah jelas diatur bahwa pemberhentian dan pengangkatan aparat desa harus melalui mekanisme antara lain,” Nuralim merincikannya.

Seorang Kades, terlebih dahulu mengkonsultasikan persoalan pengangkatan dan pemberhentian aparat desa ke pihak Kecamatan dalam hal ini Camat. Kemudian, nantinya Camat akan membuatkan atau menerbitkan rekomendasi. Nah dari rekomendasi itulah yang kemudian nantinya menjadi dasar acuan untuk melangkah kejenjang selanjutnya.

” Kemudian seorang Kepala Desa harus melaksanakan penjaringan atau musyawarah dengan BPD. Sekali lagi saya hanya ingin mengingatkan kembali kepada para Kades, supaya kedepannya tidak salah lagi dalam melangkah,” pesan Camat Sabbang.(yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply