Petani Kampung Pariwisata Kakao Batu Alang Butuh Kembali Gernas

banner 468x60)

Petani Kampung Pariwisata Kakao Batu Alang Butuh Kembali Gernas

MasambaNews.Lutra, – Gerakan Nasional (Gernas) Kakao diakui Ketua BPD Batu Alang Shabir petani kakao asal Desa Batu Alang Kecamatan Sabbang, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan cukup membantu petani. Namun, masih banyak petani yang belum mendapatkan bantuan dari program Gernas.

” Berdasarkan data di Kantor Desa Batu Alang ada sekitar 400 ha kebun Kakao,” ujar Ketua BPD Batu Alang.

Ia pun berharap agar bantuan seperti Gernas Kakao dapat diadakan kembali guna menjaga produktivitas kebun masyarakat. Apalagi, kata dia, saat ini harga kakao kurang baik dan selalu dimainkan harga.

“Kalau berkepanjangan dan produksi kebun masyarakat rendah maka akan banyak masyarakat yang akan ganti tanaman kakaonya, dan berharap kembali ke kakao lokal dan tahun 2020 tidak ada lagi tanaman tua dan akan diremajakan kembali, ” ujar Shabir.

Menurut Kepala Desa Batu Alang, Mustamin yang akrab dipanggil Phupus mengatakan, untuk bisa meningkatkan produksi nasional yang diperkirakan minimal 5 persen dari total areal perkebunan kakao, harus dengan cara /replanting berkelanjutan dan bibit yang bagus di kebun kakao masyarakat yakni, bibit kakao jenis kecambah Jember dan masyarakat suka kembali ke bibit lokal.

Selain /replanting, lanjut Phupus dana pengembangan kakao juga dibutuhkan untuk penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga riset. (yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply