Dinas Perikanan Kelautan Gelar Kegiatan Penguatan Pokmaswas, Ini komentar Muharwan

banner 468x60)

Dinas Perikanan Kelautan Gelar Kegiatan Penguatan Pokmaswas, Ini komentar Muharwan

MasambaNews. Lutra, – — Dinas Perikanan Kabupaten Luwu Utara menggelar kegiatan Penguatan Pokmaswas dalam rangka Peningkatan Peran Serta Masyarakat Konservasi Perairan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil yang berlangsung di ruang rapat Gedung Konservasi Laut Desa Poreang Kecamatan Tanalili, (29/3) kemarin.

Kepala Dinas Perikanan, Muharwan mengatakan menjalankan konservasi untuk laut dan sumber daya yang ada di dalam dan sekitarnya membutuhkan kerja keras dan upaya yang berkelanjutan dengan waktu panjang yang tak terbatas.

“Dengan cara tersebut, konservasi diyakini bisa memberikan manfaat banyak untuk alam dan manusia. Yang paling penting, sumber daya laut tetap terjaga secara berkesinambungan,” tuturya.

Sementara itu Kabid Penataan Ruang Laut dan Pesisir DKP Provinsi Sulsel, Natsir Mallawi mengatakan, berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya kelautan, maka setiap kelompok masyarakat pengawas diharapkan untuk memahami dan melindungi spesias ekonomi, kelangsungan rekrutmen untuk kelangsungan tangkap, menjaga stok ikan di daerah penangkapan, membangun populasi spesis langka, memulihkan stok kritis atau overfising, tempat untuk regenarasi, mensuplai stok ke daerah penagkapan ikan yang sudah terbatas, sumber induk dan benih untuk budidaya.

“Sumber daya kelautan ini adalah segala unsur kelautan yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia, mencakup sumber daya energi kelautan, sumber daya hayati kelautan, dan sumber daya non hayati lainnya, serta jasa-jasa di bidang kelautan,” jelas Natsir.

Turut hadir dalqm kegiatan tersebut, Kasi Pengawasan SDKP, Masnia Taha, Kasi Konservasi, Abdul Kadir, Kepala Desa Poreang, Anggota Pokmaswas Bunga Karang, Ketua LPM Karang Muda, Ryki, Ketua Komunitas Peduli Konservasi, Hasbullah, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda di Desa Poreang. (yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply