Penyebab Banjir di Salu Ampak Desa Mari-Mari Hutan Rusak

banner 468x60)

Penyebab Banjir di Salu ampak Desa Mari-Mari Hutan Rusak

MasambaNews. Lutra, – Dari segi ekosistim kerusakan hutan yang ada di Bumi Lamaranginan terkhusus dikawasan hutan To Nangka’ sekitarnya Desa Kalotok Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara Sulsel, menjadi penyebab terjadinya musibah banjir selama ini di Desa Mari-Mari, yang saban hujan datang masyarakat sudah was-was dengan rumahnya, kebun dan sawah mereka.

Air banjir sampai pada bahu jalan Saluampak, To Katimbang dan Jalan ke To Burung dan masuk disawah tanaman padi.

” Namun dari aspek hutan, banjir terjadi karena penebangan hutan secara luar terus berlangsung dan tidak ada penanaman kayu lagi. Yang mengherankan karena sampai saat ini pemerintah sepertinya tidak berkutik menghadapi para penjahat kayu,” ujar Ose’ warga Desa Mari-Mari, 29/3/2018 sore tadi.

Nah, secara teori, akibat hutan yang mulai gundul akan menyebabkan tingginya erosi di dataran tinggi atau hutan menjadi tidak tertahan dan langsung menerjang dataran rendah yang banyak dihuni manusia, sedangkan dimusim kemarau tidak ada lagi persediaan air, karena air hujan tidak tertampung, sehingga menyebabkan tanah menjadi tandus dan manusia pun kesulitan memperoleh air.

” Itulah Narasi terjadinya banjir yang sudah menjadi laten di Desa Mari-Mari dan terkhusus di Luwu Utara. Jadi banjir yang terjadi itu memang akibat kerusakan alam, tapi manusia yang menyebabkan alam ini rusak,” tutur Ose yang mana pemuda Saluampak yang kritis.

Kalau sudah begini, kata Ose’ akan sulit sekalu merehabilitirnya. Ini perlu dana yang amat besar dan perlu waktu lama memperbaikinya.

Menurutnya, dibutuhkan pemikiran dan tindakan nyata dari semya stakeholder untuk menyelamatkan hutan, agar kita dan generasi mendatang bisa terhindar dari bencana alam, seperti banjir. (yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply