Potensi Wisata Air Panas Bumi di Kanandede Belum Terjamah

banner 468x60)

Potensi Wisata Air Panas Bumi di Kanandede Belum Terjamah.

MasambaNews. Lutra, – Geternal air panas bumi dan air terjun panas di Desa Kanandede Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara yang berjuluk Bumi Lamaranginang belum terjamah, karena memang daerah ini tidak termasuk dalam jajaran daerah yang terkenal berbagai daerah tujuan wisata.

” Namun daerah ini, sebenarnya menyimpan banyak objek wisata, baik budaya maupun panorama yang indah. Menurut informasi dari tokoh masyarakat setempat dan juga seorang putra asli Kanandede Kepala UPT SMPN 1 Rongkong, Drs Rugani Ngalle M.Si mengatakan air panas bumi dengan air terjunnya yang panas juga kalau Pemda mengelolah daerah ini akan mendatangkan PAD untuk daerah Lutra dan akan terkenal seperti Makula’ di Tana Toraja Kecamatan Sangalla Selatan,” ujar Rugani.

Kalau aset daerah ini dijadikan tempat parawisata dan menjadi tempat masyarakat belajar untuk menengok bumi. Lanjut Rugani lokasi ini bahkan sudah ditinjau anggota Dewan Luwu Utara yang mana orang Rongkong juga,asalnya dari Desa Komba, Drs Basir dan didampingi kala itu Dinas Pertambangan(dulu,red), Ir,Ahmad, ST bersama dari PT Hidro Sangkala dari Jakarta layak digunakan juga untuk tenaga pembangkit listrik.

Jadi daerah ini kalau dikelolah dengan baik untuk pariwisata dan tenaga pembangkit listrik, agar bisa digunakan untuk kepentingan warga setenpat dan difungsikan juga sebagai aset Daerah Lutra.

Untuk itu perlu diperhatikan pemerintah sebagai tempat pariwisata supaya geternal atau air panas bumi di Desa Kanandede Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara Sulsel, dapat digunakan untuk dimanfaatkan warga setempat. ( yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply