Oknum Polisi Pengedar Shabu Terancam Dipecat

banner 468x60)

Oknum Polisi Pengedar Shabu Terancam di Pecat

MasambaNews. Tana Toraja, – Oknum anggota Polri berinisial Y, yang sehari-hari bertugas di Polres Tana Toraja, terancam dipecat dari kesatuannya. Ini bakal terjadi jika Y, yang tertangkap tangan memiliki/menguasai enam paket narkotika jenis shabu pada 15 Februari 2018, diputus bersalah oleh pengadilan dengan hukuman di atas lima tahun.

“Pecat!” tegas Kapolres Tana Toraja, AKBP Julianto P. Sirait, kepada media saat ditanya soal proses hukum terhadap oknum polisi yang terlihat narkoba, di sela-sela pengamanan sidang adat terhadap pelaku pelecehan budaya di objek wisata Ke’te Kesu’, Toraja Utara, Senin, 26 Maret kemarin.

AKBP Julianto menegaskan jika hukuman terhadap tersangka di atas lima tahun, bisa langsung diproses untuk diberhentikan dengan tidak hormat. “Apalagi ini perbuatan berulang. Tersangka ini kan sudah dua kali tertangkap dengan kasus yang sama,” tambahnya.

Namun, urai Julianto, jika hukuman terhadap tersangka di bawah empat tahun berdasakan putusan peradilan umum, maka yang bersangkutan akan diproses secara internal di Polri terkait tindakan indisiplioner. “Kalau di bawah empat tahun, nanti diproses di internal dulu, nanti kita lihat, apakah yang bersangkutan masih bisa dibina atau langsung diberhentikan,” jelasnya.

Dijelaskan, saat ini, proses hukum terhadap Y sudah dilakukan oleh Polres Tana Toraja dan berkas perkaranya sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Makale untuk dibawa ke pengadilan.

Untuk diketahui, pada 15 Februari 2018 yang lalu, Satuan Narkotika Polres Tana Toraja, meringkus oknum polisi berinisial Y di sebuah villa di daerah Manggasa, Makale, Tana Toraja. Dari penggerebekan itu diamankan oknum polisi berinisial Y, serta barang bukti enam paket narkoba jenis sabu-sabu seberat kurang lebih tiga gram.

Selain shabu-shabu, polisi juga mengamankan barang bukti lain berupa uang tunai Rp500 ribu dan satu unit handphone merek blackberry warna hitam.

Setelah menangkap Y, polisi kemudian melakukan pengembangan untuk mencaritahu asal usul shabu-shabu yang disita tersebut. Dari hasil interogasi terhadap Y, diperoleh informasi bahwa barang haram tersebut diperolehnya dari seorang bandar berinisial JH di kabupaten Sidrap. Polisi pun bergerak ke Sidrap dan bekerja sama dengan Polres Sidrap, menangkap JH di rumahnya di Kecamatan Maritanggae, Kabupaten Sidrap. (Art/yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply