Pengawasan Legislatif Oleh Masyarakat Belum Punya Mekanisme

banner 468x60)

MasambaNews. Lutra, – Pengawasan terhadap kinerja eksekutif dan Legislatif memiliki ketentuan tersendiri. Pengawasan Lagislatif oleh masyarakat, sampai saat ini belum ada mekanismenya pengaturan yang jelas. Tata Tertib(Tatib) DPRD yang diharapkan menjadi pintu masuk sampai saat ini belum dijalankan secara maksimal.

Hal ini diungkapkan pemerhati sosial masyarakat Luwu Utara, Y Bunga di Sabbang pada media ini,20/3/2018.

” Ada beberapa cara yang bisa ditempuh, tambahnya pertama masyarakat bisa mengajukan petisi. Kelompok masyarakat antara lain, Perguruan Tinggi, Organisasi Profesi, Lembaga Adat, Organisasi masyarakat yang berbasis komunitas dan organisasi yang syah lainnya, dapat mengajukan petisi yang berhubungan dengan produk yang dihasilkan Legislatif,” tuturnya.

Karena sampai saat ini belum ada cara yang mampan, perlu penggalangan dukungan masyarakat untuk mendesak DPRD merevisi Tatib mereka yang bisa memberi ruang kepada masyarakat melakukan pengawasan.
Masyarakat juga mendesak DPRD untuk menyusun Kode Etik untuk Badan Kehormatan yang mengatur dan mengawasi anggota dewan dalam menjalankan tugasnya secara internal,” sarannya lagi.

Kinerja Lembaga Legislatif yang harus diperhatikan dalam pengawasan masyarakat mencakup; Sejauh mana kinerja lembaga legislatif sejalan dengan konstitusi, memiliki reletansi dengan aspirasi kepentingan dan pemecahan masalah-masalah yang dihadapi rakyat, sejauh mana kinerja legislatif memiliki ikon kontribusi signifikan terhafap pendewasaan kehidupan politik dan demokrasi.

” Lanjutnya, masyarakat bisa melakukan pengawasan terhadap lembaga legislatif melalui catatan yang bersifat kuantitaf dan kualitatif. Aspek kuantitaf berupa kehadiran dan keikutsertaan anggota dewan dalam berbagai kegiatan, selanjutnya aspek-aspek kualitatif mencakup buah pikiran perjuangan anggota dewan yang bersangkutan dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat,” imbaunya. (yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply