INDAH, PANDANG ENTENG ARSIP SAMA RENDAHKAN DIRI SENDIRI

banner 468x60)

MasambaNews – Menarik apa yang dikatakan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, saat membuka acara Sertifikasi SDM Kearsipan dan Bimbingan Teknis Pengelola Arsip Dinamis, Senin (5/3), di Aula Hotel Sutomo di Jalan Dr. Sutomo Makassar.

Di hadapan 50-an peserta, orang nomor satu di Luwu Utara itu kembali menegaskan bahwa pentingnya aparatur pemerintah untuk tidak memandang sebelah mata yang namanya arsip.

Menurut Indah, sesungguhnya manusia adalah arsiparis yang sesungguhnya.

“Kalau ada yang memandang sebelah mata arsip, sesungguhya dia sedang merendahkan dirinya sendiri, karena dia adalah arsiparis sesungguhnya, meski memang tidak memiliki jabatan. Ibaratnya kita ini adalah arsiparis berjalan,” ucapnya.

Indah sengaja menyampaikan hal ini agar aparatur tahu dan paham betapa pentingnya arsip. “Arsip adalah alat bukti akuntabilitas kinerja pemerintahan. Ini penting saya sampaikan agar kesadaran kita semakin meningkat. Terima kasih yang telah hadir. Ini menunjukkan atensi kita semua akan pentingnya arsip,” terangnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Luwu Utara, Maharuddin, dalam laporannya mengatakan, tujuan pelaksanaan Sertifikasi Kearsipan dan Bimtek Pengelola Arsip adalah menjamin terciptanya pengelolaan kearsipan yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, meningkatkan kualitas SDM pengelola kearsipan, serta menjadikan arsip sebagai informasi dan bukti akuntabilitas kinerja organisasi.

“Salah satu isu sentral dari pelaksanaan kita hari ini adalah kekurangpedulian aparatur akan pentingnya arsip,” terang Maharuddin.

Selain pelaksanaan Sertifikasi SDM Kearsipan dan Bimbingan Teknis Pengelola Arsip Dinamis, juga dilaksanakan Pengukuhan dan Pelantikan Asosiasi Arsiparis Indonesia Kabupaten Luwu Utara Periode 2018 – 2023 oleh Wakil Ketua Pengurus Nasional Asosiasi Arsiparis Indonesia, Dr. H. Andi Kasman, SE., MM, dan disaksikan langsung Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani. Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia Kabupaten Luwu Utara Periode 2018 – 2023 sendiri dijabat Maharuddin, yang tak lain adalah Kadis Persipda. (lh/yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply