YUNUS HIBUR, SENYUM ADALAH ROH KEPERIBADIAN DALAM MENDIDIK

banner 468x60)

 

MasambaNews – Keberhasilan seorang pemimpin banyak diwarnai oleh semangat juang yang pantang menyerah, tekad, komitmen, tangging jawab dan berani mengambil resiko. Kesemuanya bermuara pada,” Hati ” merupakan sumber tenaga terbesar untuk menjadi pemimpin yang tangguh dan memiliki ketulusan.

Menurut Ketua PGRI Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara,Sulsel, Yunus Hibur,S.Pd M.Si, Kepala Unit Pengelolah Tekhnis (UPT) Sekolah seharusnya memiliki Citra yang ideal, sebagai salah satu pemimpin di sekolah.
Untuk itu, gambaran Kepala UPT Sekolah yang baik adalah pertama, suka tersenyum. Tentu saja senyum yang harus tumbuh dari ketulusan hati. Sepahit apapun perasaan hati kita, kuncinya adalah senyum yang menjadi roh kepribadian manusia.
Kedua,berpakaian rapi. Diluar Negeri meskipun siswanya berpakaian bebas, tetapi guru dan Kepala UPT nya selalu berpakaian rapi.

Ketiga, berprestasi, yang merupakan pencerminan dan kemampuan mengelolah sekolah.
Sekolah yang berprestasi akan memicu kinerja guru dan siswa untuk lebih baik lagi. Keempat, bersikap terbuka,yaitu memiliki konsep komunikasi yang efektif, mendorong diri kita untuk terbuka dengan orang lain.
Kelima,disiplin atau memiliki komitmen, bukan pada aturannya tetapi muncul dari dalam hati. Memikirkan sekolahnya meskipun sudah berada dirumah.

” Seorang Kepala UPT Sekolah, seharusnya risau hatinya jika guru-gurunya tidak berprestasi, anak-anaknya tidak belajar. Dia datang kesekolah lebih cepat dan pulang lebihN lambat,” demikian tutur Kepala UPT SDN 010 Rante Bone.

Hibur panggilan akrab Ketua PGRI Kecamatan Sabbang, melanjutkan, Keenam, berwibawa, adalah aspek-aspek yang muncul secara langsung sebagai bagian dari kepercayaan orang-orang,bukan pasang wibawah.
Ketujuh, bersahabat, yaitu kemampuan Kepala UPT Sekolah untuk menunjukkan sikap yang ” Friendly “.
Kepala UPT Sekolah yang ingin berhasil adalah yang ingin menunjukkan kepedulian. Jangan pernah berputus asa jika menemukan anak-anak yang tidak baik dan tidak berprestasi, jika seorang guru berkeyakinan besar anak-anak itu bisa berhasil, maka akan terwujud, karena Kepala UPT Sekolahnyq berperan dalam aspek membangun sekolahnya.

Ketua PGRI Kecamatan Sabbang,Yunus Hibur, menekankan pentingnya peran Kepala UPT Sekolah dalam pengembangan budaya bangsa,yang bisa berawal dari kepemimpinan yang baik disekolah.
Gambaran tersebut, yang nampaknya telah diterapkannya selama ini.

Maka ketika guru dan Kepala UPT(Kepala Sekolah, dulu red), mampu menerapkan pola kepemimpinan yang dimaksud, diharakan dapat menular kepada anak didiknya, sebagai generasi penerus bangsa yang andal.

Yunus Hibur mengatakan, dalam teori kepemimpinan, ada dua strategi yang penting. Pertama, memperbaiki hubungan dengan sesama manusia dan memperbaiki pelaksanaan tugad itu sendiri. Jika keduanya diterapkan, maka dapat menjadi jaminan untuk meraih keberhasilan dalam kehidupan ini.
Sehingga pencapaian keberhasilan dalam kehidupan, banyak diwarnai oleh semangat pantang menyerah. Semangat juang tekad, komitmen, tanggungjawab, dan berani mengambil resiko. Semuanya ada dihati, yang merupakan sumber tenaga terbesar untuk menjadi pemimpin,” tutup Hibur.(yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply