PANWASLU LUWU UTARA ADAKAN PENERTIBAN BALIHO DAN ATRIBUT CALON GUBERNUR DAN CALON WAKIL GUBERNUR PILKADA SUL-SEL.

banner 468x60)

MasambaNews, — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) beserta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara menertibkan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan 2018.

Pencopotan dan pembersihan APK jelang masa kampanye resmi ini juga dibantu petugas gabungan dari Polres Luwu Utara dan Satpol PP Luwu Utara.

Divisi dan organisasi Panwaslu Kabupaten Luwu Utara,Sriwati Sukma, mengatakan pembersihan ini dilakukan untuk menertibkan alat peraga kampanye yang melanggar.

“Yang kita bersihkan hari ini khususnya yang berada di Jalan Trans Sulawesi-perbatasan Kabupaten Luwu,Saluampak dan perbatasan Kabupaten Luwu Timur,Bungadidi serta yang dalam kota Masamba,” sebut Sriwati.

Sementara Komisioner KPU Luwu Utara, Srianto, menjelaskan bahwa pencopotan atribut kampanye ini sesuai dengan PKPU Nomor 4 tahun 2017. “Penertiban terhadap alat peraga yang ada di wilayah Luwu Utara ini sudah banyak yang melanggar ketentuan UU Pemilu oleh karena itu kita bersama-sama Panwas dan dibantu oleh Polres, Satpol PP kita turunkan khususnya yang ada di jalan-jalan utama dan yang ada di wilayah kecamatan kita sudah koordinasi dengan Panwascam untuk melakukan penertiban,” jelas Srianto.

Sesuai dengan ketentuan UU alat peraga yang resmi akan dikeluarkan oleh KPU Provinsi melalui KPU Kabupaten. Untuk wilayah Luwu Utara, alat peraga resmi akan dipasang di setiap desa/kelurahan hanya dua pasang, strategis sesuai dengan persetujuan pemerintah pemerintah desa dan pemerintah Luwu Utara.

“Ini juga tujuannya agar untuk perlakuan bagi semua calon ada asas keadilan, karena nantinya alat peraga resmi ini nantinya akan dipasang berdampingan untuk ke 4 calon dengan ukuran dan spek yang sama sesuai dengan ketentuan yang di atur UU Pemilu,” urai Srianto.

“Bagi yang masih memasang alat peraga selain yang sudah ditentukan tentunya akan kami koordinasi dengan Panwas untuk kembali ditertibkan dan berakhir pada pemberian sangsi,” tegas Srianto. (hp/yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply