TIGA KERAJAAN BERTEMU DI PERINGATAN HARI JADI LUWU DAN HARI PERJUANGAN RAKYAT LUWU DI LUWU UTARA

banner 468x60)

MASAMBANWES – Sebanyak tiga Kerajaan berkumpul di Ibukota Luwu Utara Masamba, yakni Kedatuan Luwu, Kerajaan Gowa dan Kerajaan Bone dalam acara silaturahin memperingati Hari Jadi Luwu ke-750 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-72. Dihadiri masing- masing Bupati dan para pemangku adat dari tiga daerah itu,serta undangan Bupati Tana Toraja. Peringatan HJL dan HPRL ini, dipusatkan di Lapangan Taman Siswa(Tamsis) Masamba.

Bupati Luwu Utara Hj.Indah Putri Indriani mengaku, bahwa kegiatan ini adalah keinginan( TellupoccoE ) bersama dari semua daerah untuk bertekad memelihara budaya dan adat istiadat saat ini dan dapat menjaga kebersamaan di tiga kerajaan agar tetap terpelihara selamanya.

Dengan moment tahunan ini, diharapkan semua kerajaan dan kedatuan akan tetap konsisten untuk menjaga Kedatuan Luwu, sebagai lambang yang mempersatukan semua aspek dari tiga daerah.

” Orang Luwu saat ini, kata Walikota Palopo, Judas Amir saat ditemui , menyatakan kita ini hanya dipisahkan oleh administrasi saja. Tapi Roh Bija to Luwu tetap memperlihatkan persatuannya dan tetap terpelihara saat ini hingga masa yang akan datang. Karena anak cucu- cicit kita memahami seperti apa kerajaan di Sulawesi- Selatan dan Kedatuan Luwu pada khusnya ” jelas Judas panggilan akrabnya.

Bupati perempuan pertama di Sulsel,Hj.Indah Putri Indriani,menyatakan ada empat perjanjian TellupoccoE, yakni senantiasa menjunjung tinggi nilai- nilai luhur dan menjaga harkat dan martabat masyarakat Luwu, Bone dan Gowa.

Isi perjanjian itu sendiri mempertegas kepada semua daerah yang berada dalam bingkai kerajaan untuk selalu menjaga dan mempererat silaturahim sesama pemangku adat,pemerintah dan masyarakat. ” Bersama- sama mengembangkan budaya dan adat istiadat sebagai khasanah budaya bangsa dan mempererat kerjasama diberbagai bidang,” tuturnya.( yustus).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply