SUMINO, UNTUK MENSEJAHTRAKAN WARGA DIPERLUKAN ANALISA DALAM PENENTUAN PEMBANGUNAN DANA DESA

banner 468x60)

MASAMBANWES. – Proses pembangunan di daerah pedesaan sangat ditentukan oleh pemimpin di desa itu. Kepala Desa( Kades) dalam hal ini sangat berperan jika mampu menganalisa suatu kebijakan untuk dituangkan dalam program pembangunan,” baik fisik maupun non fisik.” Bagaimana mensejahterakan warga desa? Pertanyaan ini selalu memotivasi Kepala Desa Sidomukti Kecamatan Bone- Bone Luwu Utara, Sulsel.

Samino, Selaku penimpin di desa, ia selalu siap memberijan pelayanan kepada warganya. Ketika ditemui di ruang kantornya,6/11/217, Samino mengaku tidak pandang bulu. Siapapun warga yang membutuhkannya, ia selalu siap memberikan pelayanan, kapan dan dimanapun.” Kades wajib memberijan pelayanan kepada warga yang membutuhkan,” cetusnya.

Samino telah membuat sejumlah terobosan monumental yang bisa dikenang warga Desa Sidomukti. Terobosan ini tidak lepas dan peran warga desa Sidomukti yang terdiri dari 5 Dusun, yakni Sidourip yan berati Sido( sudah) urip( hidup), Sidorejo( ramai), Sidomulio( mulia), Sidorukun( damai) dan dusun Sidodadi( jadi),” denijian Sumino memberikan arti dan makna dari nama- nama setiap dusun.

Kepala Desa Sidonukti, Samino mengungkapkan bahwa jumlah Kepala Keluarga( KK) di desanya ada 1025, wajib pilih 2343 dan masyarakat rata- rata petani sawah. Dalam membangun desanya bersama warga,setiap dusun di tahun 2017 ini mendapat senya jatah bagi- bagi kue pembangunan.

Untuk Dana Desa ada 13 item pekerjaan dan empat item belum selesai, sementara di kerja,” tutur Samino. Untuk pekerjaan plat dekjer ada 5 buah, jembatan 1, Sippon 2, Pisyandu 1 di dusun Sidourip, Drainase 4 dusun yang tidak ada diSidourip,” jelas Samino yang masih bersemangat babfun desanya biar sudah tua.

” Ditanya resepnya sehingga bisa menggerakkan partisipasi masyarakat, Samino mengatakan, pendekatan itu sangat penting.” Warga itu harus selalu di datangi dan disapa,” ujarnya. Kepala Desa yang mengandalkan pendekatan secara kekeluargaan kepada warganya itu, menyatakan sekecil apapun bantuan dikucurkan di desa senantiasa dinikmati warga yang berjumlah 1025 Kepala Keluarga( KK) tanpa kecuali,” tandas Samino. ( yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply