PEMBANGUNAN PEDESAAN TINGKATKAN PEREKONOMIAN WARGA

banner 468x60)

MASAMBANWES. – Program pembangunan pedesaan, merupakan program pemerintah kabupaten Luwu Utara, Sulsel, guna mempercepat laju pembangunan ditiap- tiap desa dengan tujuan untuk mendorong peningkatan pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Maka, untuk itu pemerintah desa harus lebih bijak menerapkan program- program yang telah disediakan pemerintah kabupaten dan pusat. Untuk memanfaatkan dan mengelolah dana tersebut, agar benar- benar dapat bermanfaat dan berfungsi sesuai kebutuhan masyarakat.

Menurut Kepala Desa Kampung Baru, Kecamatan Sabbang,Lutra Mardianto Mangadi, S.An dikediamannya(29/10), dengan meningkatnya kemauan wara desa merupakan suatu tanggungjawab setiap Kepala Desa.

Untuk itu, kami Kepala Desa harus benar- benar bisa menerapkan dan memiliki program untuk membangun desa agar lebih maju dan yang bersentuhan langsung warga dan yang utama.

Seperti tahun ini, Mardianto mengatakan,” ada dua tahap pekerjaan, yakni semua dusun yang berjumlah 4 dusun, yakni Dusun Karawak, To’ Bau, Malombu, dan Dusun Ponglumbaja, dibangun drainase kiri kanan dengan jarak 1 km, pengkerikilan. Dan di Dusun Tokarawak ada penimbunan jalan tani. Desa Kampung Baru jumlah KK 410.

Seorang Kepala Desa Kampung Baru yang dikenal pekerja ulet ini mengatakan, selain pembangunan fisik,juga pembangunan moral, karakter diutamakan juga, sehingga di desa saya ada namanya,” Program tiga rasa,untuk mewujudkan pembangunan lebih baik.

Ketiga program ini saling melengkap dan mendukung,yakni program rasa memiliki, prigram rasa sosial, dan program rasa tanggubg jawab,” urai Mardianto. Sehingga dengan program itu, Desa Kampung Baru mengalami kemajuan yang membanggakan bagi warganya dan kenakalan pemuda sudah turun drastis.

Desa Kampung Baru yang warganya ada Rongkong, Toraja, Pantilang, tapi mereka hidup saling menghormati, menghargai dan hidup berdampingan dengan rasa kekeluargaan yang akur dan mayoritas warganya petani padi. Meskipun warga beraneka ragam, sifat dan pembawahan bukanlah menjadi penghalang bagi pemerintah desa untuk membina warganya.

Kepala Desa selalu menanamkan sikap jiwa gotong royong kepada warga yang masih nampak dalam desa kami,” tandasnya.( yustus)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply