PUNGLI DIDUGA TERJADI DI SMKN I SUKAMAJU

banner 468x60)

MASAMBANWES. — SMKN 1 sukamaju kecamatan sukamaju kabupaten luwu utara yang diduga telah melakukan pungutan liar (pungli) terhadap siswa alumni SMKN 1 sukamaju yang hendak mengambil ijazah kelulusan.
Hal tersebut terungkap setelah sejumlah alumni siswa SMKN 1 sukamaju yang dimintai uang oleh pihak sekolah melalui salah satu oknum guru, membayar uang tunai sebesar 100.000 (seratus ribu rupiah) untuk dapat mengambil ijazah, bercerita kepada awak media ini.
“Dibayar kasihan seratus ribuh kalau mauki ambil ijazah. Sempat kita tanya sama pak guru yang mewakili pihak sekolah, tidak bisakah kurang pak, tapi katanya pak guru pembayaran itu sudah sesuai keputusan rapat sebelumnya”. Ungkap SI.
Selain itu WA yang juga ingin megambil ijazahnya, juga diharuskan membayar sebesar 100.000 (Seratus Ribu Rupiah).

“Saya juga kak, saya bayar 100.000. “kata WA kepada batarapos Selasa (24/10/2017).
Bahkan akibat dari adanya pembayaran pengambilan ijazah tersebut, banyak siswa alumni SMK 1 sukamaju yang mengurungkan niatnya mengambil ijazah, lantaran pembayaran pengambilannya dinilai terlalu mahal.
Kepala sekolah SMK Drs Supriadi yang dikonfirmasi diruang kerjanya selasa 24/10/2017 mengatakan bahwa, pemabayaran ijazah tersebut sudah sesuai keputusan rapat pembahasan sebelumnya, antara komite dan orang tua siswa.
Pembayaran ini sebelumnya sudah kita bahas saat rapat, dan diputuskan bahwa pembayarannya 50 ribu, pembayaran itupun adalah upah untuk penulisan di ijazah, tapi kalau 100 ribu, itu tidak betul”. Terang supriadi. (Awhy)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply