RAPAT KONSULIDASI TPAD KEJATI DAN PEMERINTAH KABUPATEN LUWU UTARA TERCEDARI KARENA TERKESAN TERTUTUP PERS DILARANG MASUK

banner 468x60)

MASAMBANWES — Kunjungan kerja orang nomor satu di kajati Sulselbar Dr. Jan S Maringka di kabupaten Luwu Utara, diterimah langsung oleh Bupati Luwu Utara di Aula Lagaligo. Kamis (14/09/2017).
Rapat kordinasi yang digelar menghadirkan TP4D kejaksaan tinggi sulsel, Camat, kepala desa, konsultan PT. Cempaka Waskita bersama dengan stakeholder terkait pembebasan lahan dan pembangunan jaringan bendung baliase.
Dan hadir saat itu kepala kejaksaan negeri Luwu Utara Andi. Mirnawati, kapolres AKBP Dhafi, sekertaris daerah Ir H. Abd Mahfud. Namun saat awak media melakukan peliputan kegiatan tersebut, seorang staff kejaksaan negeri (Kajari) berinisial MY yang Kepala Seksi Pidana Khusus di Kajari Kabupaten Luwu Utara melarang wartawan untuk melakukan peliputan.
Ketua JPKP (Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan ) Luwu Utara, M.Darwis mengatakan apa yang dilakukan oleh MY tersebut, yang melarang awak media untuk meliput berita, itu merupakan pelanggaran kebebasan informasi.
” Saya mengingatkan, menghalang-halangi wartawan yang sedang bertugas, selain merupakan tindak pidana yang dilarang oleh UU Pers. Hal itu juga merupakan pelanggaran berat terhadap asas-asas demokrasi dalam suatu negara, ” Tegas Darwis.
Kajati sulsel yang dikonfirmasi ditempat terkait adanya larangan wartawan oleh pihak kajari untuk meliput kegiatan tersebut mengatakan bahwa tidak ada alasan oknum tersebut untuk melarang ” Kami selalu membuka ruang dialog interaktif dengan siapa saja termasuk teman-teman pers, jadi tidak ada alasan bagi kami untuk melarang, kami menghargai pekerjaan teman-teman pers “Kata Jan S Maringka kepada Masambanwes.com.
Sebelumnya Rapat tersebut yakni rapat Kordinasi Tim Pengawalan Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Dengan Stakeholder Terkait Pembebasan Lahan dan Pembangunan Jaringan Irigasi Di Baliase Kabupaten Luwu Utara yang dihadiri sejumlah SKPD, Para Camat dan Kepala Desa serta Pihak Manajemen PT.Waskita Cempaka bersama Konsultan. (Awhy)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply