Disekolah Banyak Pungli Bupati Indah Diminta Mencopot Kadis Pendidikan

banner 468x60)

MASAMBANWES.– Belakangan ini, mencuat maraknya dugaan pungutan liar (pungli) di sekolah di Luwu Utara, Sulsel.

Bahkan, Anggota DPRD Luwu Utara Karemuddin dan Kasi Kurikulum Disdik Lutra Suharto, mengakui banyaknya laporan dugaan pungli yang diterimanya.

Menanggapi hal itu, Mantan Ketua Persatuan Mahasiswa Indonesia Luwu Utara (Pemilar), Rival Pasau, Jumat 1 September 2017, mengatakan, maraknya dugaan pungli di sekolah, karena kurangnya pengawasan dari pihak Dinas Pendidikan.

Menurutnya, Disdik seakan ada pembiaran, sehingga kepala sekolah bekerja sesuai aturan yang ada.

“Juga kurangnya evaluasi pengangkatan kepala sekolah. Mereka hanya bermodal loyalitas, bukan atas dasar kapasitas dan kualitas,” tandasnya.

Seperti pada mutasi kemarin, lanjut dia, Kepala Dinas Pendidikan Luwu Utara Jasrum, mengklaim melakukan Distribusi Guru Proporsioanal, dengan maksud pemerataan guru.

Namun yang terjadi penumpukan guru dan kekurangan guru,  serta mutasi guru yang terlalu jauh dari rumah dan tempat kerja hingga sekitar 50 kilometer.

“Bagaimana mau mutu pendidikan kalau begitu keefektian kehadiran pasti tergannggu,” ujar mahasiswa pascasarjana ilmu politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini.

Dengan banyaknya masalah di jajaran Disdik Lutra, Rival berharap, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani,  mencopot Jasrum dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Luwu Utara.

“Pak Jasrum sudah tidak layak lagi memimpin dunia pendidikan di Luwu Utara. Beliau juga saya anggap tidak berhasil, sehingga banyaknya koar-koar dari luar.  Sehingga ini dapat menciderai Dunia Pendidikan. Efeknya jika tak segera dicopot, Bupati Lutra sendiri yang menerima masalahnya,” tandasnya.

Apa lagi, lanjut Rival, kasus dugaan asusila kemarin, walaupun tidak terbukti secara hukum, namun sudah mencoreng nama baik pendidikan, sebagai lembaga yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral.

“Secara logika, Pak Jasrum tak bisa lagi melakukan teguran kepada bawahanya, karena dirinya saja sudah tercoreng,” tegasnya. (******)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply