WARGA DESA LAMPUAWA KELUHKAN ADANYA LUMPUR KELAPA SAWIT YANG TERBAWA BANJIR

banner 468x60)

MASAMBANWES — Selama memasuki musim penghujan sebagian daerah di kabupaten Luwu Utara dilanda banjir seperti didesa lampuawa kecamatan sukamju sejumlah rumah milik warga sekitar desa tergenang banjir lumpur milik perusahaan kelapa sawit. Selasa (5/6/17).
Air yang merendam rumah warga tersebut disebabkan tingginya curah hujan yang terjadi selama beberapa hari terakhir, yang menyebabkan sungai salumasapi yang terletak diperbatasan antara desa lampuawa dan desa uraso banjir, dan meluap hingga masuk kepemukiman warga.
Banjir terparah di dusun salumasapi desa lampuawa dengan intensitas air setinggi paha orang dewasa.
banjir tersebut  menyebabkan aktivitas warga lumpuh total dan enggan turun kesawah.
Salah seorang warga lampuawa Dhina (24) yang rumahnya terendam banjir mengatakan kepada media Batara pos bahwa setiap musim hujan rumah mereka selalu kebanjiran lantaran meluapnya sungai salumasapi.
Lanjut Dhina, “sudah sering banjir disini, setiap hujan pasti banjir, karna meluapnya sungai salumasapi, air dari sungai masuk kesini. “Ungkapnya.
Disamping itu dhina juga mengatakan bahwa luapan banjir tersebut membawa material tanah milik salah satu perusahaan kelapa sawit yang sementara melakukan kegiatan pembangunan pabrik yang berlokasi tak jauh dari sungai.
“bukan cuma air,  tapi tanah pabrik yang longsong sehingga warna air dari gunung masuk juga masuk dirumah,  stengah matiki membersihkan” terang dhina.
Disamping itu salah seorang warga yang rumahnya juga terendam banjir  ,berharap banjir yang menimpa mereka mendapat perhatian serius dari pemerintah.
” kalau bisa pemerintah naperhatikanki kasihan masalah banjir, karna selama banjir disini tidak pernahki diperhatikan, jadi kami harap pemerintah membantu kami menyelesaikan ini persoalan banjir,  masa banjir terus, tidak bisaki kerja.” ungkapnya dengan dialek setempat.( Awhy ).

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply