BUPATI LUWU UTARA INDAH PUTRI INDRIANI MELANTIK 80 RELAWAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA

banner 468x60)

MASAMBANWES – Sebagai wujud dari penerapan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, bahwa penanggung jawab penanggulangan bencana (PB) bukan hanya tugas pemerintah saja, tetapi dunia usaha dan masyarakat.
Masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam Penanggulangan bencana, Salah satunya dengan menjadi relawan. Oleh karena itu  pengembangan jumlah dan mutu relawan jadi penting ini.
Untuk menunjang hal tersebut,maka Badan Penanggulangan bencana daerah (BPBD) kabupaten Luwu Utara menggelar pengukuhan relawan tanggap bencana berbasis  masyarakat di halaman upacara kantor bupati Luwu utara,Senin (15/05/2017)
Kali ini sebanyak 80 orang di kukuhkan sebagai relawan penanggulangan bencana yang semuanya itu berasal dari unsur masyarakat.

Dalam arahan Bupati Luwu utara (indah Putri Indriani) menjelaskan bahwa Kabupaten Luwu utara memiliki kondisi geografis, geologis dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana baik yang disebabkan faktor alam, non alam maupun faktor manusia. Mengakibatkan timbulnya korban jiwa seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan kebakaran.
Untuk mengantisipasi terjadinya bencana dan meminimalisir korban akibat bencana maka pemerintah bersama-sama elemen masyarakat perlu membentuk suatu organisasi yang bekerja dalam gerakan kemanusiaan untuk kepentingan masyarakat korban bencana yang bekerja secara sukarela tanpa mengharapkan keuntungan, semata-mata didorong oleh kekuatan moral, rasa kemanusiaan dan tolong menolong.
Lebih lanjut beliau mengatakan kegiatan pembentukan relawan ini sangat penting dilaksanakan untuk mempercepat terjadinya proses Penanggulangan bencana dimasyarakat. Oleh sebab itu mengingat luasnya Kabupaten Luwu Utara ini maka sangat diperlukan relawan yang berasal dari seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Luwu Utara.
Indah berharap kepada para relawan dan peserta sosialisasi nantinya agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat terwujudnya kesiapsiagaan aparatur pemerintah dan segenap komponen masyarakat dalam penanggulangan bencana.
Sebelumnya Kepala Pelaksana BPBD Luwu utara Alauddin sukri menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberdayakan masyarkat dalam hal penanggulangan bencana serta meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat tentang penanggulangan bencana.” Tutur kepala BPBD
Turut hadir pada kesempatan kali ini sekretariat daerah kabupaten Luwu Utara Ir. Abdul Mahfud dan segenap jajaran pimpinan SKPD.(Awhy/Hms)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply