Puncak Peringatan Hari Jadi Luwu Utara Yang Ke 18 Sangat Meriah Dihadiri Gubernur Syahrul Yasin Limpo Dan Walikota/Bupati Seluwu Raya

banner 468x60)

MASAMBANEWS. –  Puncak peringatan HUT Luwu utara ke 18 berlangsung meriah yang di pusatkan di lapangan Taman siswa Masamba. Puncak perayaan HUT Luwu Utara ini di hadiri Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo,Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Wakil Bupati Muh Tahahar Rum, dan segenab anggota DPRD Sulsel,Ketua DPRD Luwu Utara, H. Mahfud Yunus, Ketua DPRD Bontang H. Nursalam, Datu Luwu Andi Maradang Mackulau Opu to Bau, Sekda Abd.Mahfud, Muspida, Anggota DPRD dan Pimpinan SKPD Luwu Utara. Selain itu hadir pula Bupati/Wali kota seTana Luwu pimpian perbankan, BUMN, BUMD, serta sejumlah pejabat pemprov Sul-sel dan undangan penting lainya
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dalam sambutanya memaparkan sejumlah program prioritas yang akan di lakukan dalam membangun Luwu Utara kedepan antara lain, peningkatan ekonomi khususnya di sektor pertanian dalam arti luas tetap menjadi perhatian utama mengingat tulang punggung prekonomian Luwu Utara, pada sektor pertanian sehingga  Luwu Utara tetap menjadi penyangga pangan dan tetap mempertahankan posisisinya sebagai lumbung pangan di Sulsel.
“Kami akan terus meningkatkan produksi padi seiring dengan hampir rampungnya Bendung Baliase. Upaya lain kami lakukan membangun panangkar-penangkar benih,dimana tahun ini di bangun penangkar benih seluas 50 hektare dan tahun depan di targetkan meningkat 150 hektare sehingga kebutuhan benih dengan luas areal tanam kurang lebih 45 ribu hektare dapat terpenuhi,”ucapnya.

Indah juga menyampaikan,bahwa Pemerintah kabupaten Luwu Utara saat ini melalui Dinas peternakan fokus pengembangbiakan sapi ternak melalui Imseminasi Buatan (IB).”kami laporkan pak Gubernur,mensuseskan pengebang biakan Sapi dan Kerbau,kami telah menyiapkan lahan 500 hektare,kami mohon bantuan Pah Gubernur dalam pengembanganya,”kata Indah Putri Indriani.
Selain itu Indah menjelasakan terkait pemanfaatan ruang, mengingat banyaknya sistem pemanfaatan ruang di Kabupaten Luwu Utara dalam lima tahun terakhir maka tahun ini akan kami lalukan revisi RT/RW penyesuain dan perlindungan terhadap kawasan strategis di antaranya perlindungan terhadap lahan pangan berkelanjutan terutama lahan sawah perairan tekhnis,penatan sonasi kawasan pesisir,rencana kawasan transmigrasi,rencana kawasan induk peternakan serta rencana induk kawasan pedesaaan dan revisi kawan hutan lindung.
Sementara itu Gubernur Sul-sel Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya mengatakan bahwa pada peringatan HUT  Luwu Utara ke 18 ,Pemerintah daerah Luwu Utara bersama dengan semua elemen harus memiliki kemauan dan tekad bersama membangun Luwu Utara yang lebih maju lagi kedepan,mandiri dari apa yang di capai,selain itu harus lebih moderen tanpa meningalkan agama,adat dan pendeketan-pendekatan hukum yang positif.
“Terkait dengan Pengembangan ternak sapi di Seko dengan lahan 500 hektare,”kami siap bantu dan sebagai bantuan awal saya berikan Rp 400 juta,saya senang dengan Bupati Luwu Utara selalu ingin menghadirkan pemerintahan di Luwu Utara makin baik,ada sektor,pertanian,perkebunan dan peternakan yang harus di jaga produksinya makin baik,”kata Syahrul Yasin Limpo.
Syahrul juga memuji kepemimpinan Indah – Tahar Rum di Luwu Utara ,dan memberikan dua acungan jempol serta secara kasat mata harus di akui dan masyarakat melihat,merasakan kemajuan yang di capai Lutra,kedepan daerah ini akan mampu mandiri memenuhi kebutuhan dasarnya sehingga dapat menghadirkan masyarakat Luwu Utara makin sejahtera,”ucapnya.
Pada kesempatan tersebut Gubernur meresmikan sejumlah proyek bernilai miliaran rupiah dan menyerahkan Bantuan CSR Bank Sul-selbar berupa motor sampah 8 unit, Kartu asuransi nelayan program bantuan premi bagi nelayan, Bantuan kapal  fiber nelayan 20 GT 4 unit dari kementrian kelautan dan perikanan diberikan kepada Koperasi Mappatuoe Desa Tamuku Kecamatan Tanalili. (Awhy)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply