TIGA KECAMATAN DIDAERAH KETINGGIAN RONGKONG, SEKO DAN RAMPI JADI KAWASAN PENGEMBANGAN PADI ORGANIK DILUWU UTARA

banner 468x60)

MASAMBANEWS. – – Pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP), telah menyiapkan tiga kawasan pengembangan padi organik di Luwu Utara. Tiga daerah itu semuanya berada di daerah dataran tinggi, yaitu Kecamatan Rongkong, Seko dan Rampi. Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengungkapkan hal tersebut di hadapan para peneliti dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulsel, Senin 3 April kemarin.

“Kami telah merencanakan dan akan menetapkan Kecamatan Rongkong, Seko dan Rampi sebagai kawasan pengembangan padi tanpa pupuk atau padi organik,” ungkap Bupati Indah ketika memberikan sambutan di acara Seminar Penyusunan dan Pemaparan Rencana Pelaksanaan Pendaftaran dan Pelepasan Padi Calon Varietas Unggul Lokal, Senin (3/4), di Aula BAPPEDA, kemarin. Meski demikian, masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan guna mewujudkan itu.”Katanya.

Salah satu PR yang paling urgen untuk segera diwujudkan adalah peningkatan indeks pertanaman (IP) dari sekali setahun menjadi dua kali setahun. Seperti diketahui, IP padi di tiga wilayah tersebut masih sekali setahun.

Hal inilah kemudian yang membuat Bupati Indah menantang SKPD teknis untuk meningkatkan IP di Rongkong, Seko dan Rampi, dari sekali menjadi dua kali setahun.

“Yang menjadi PR kita adalah bagaimana meningkatkan IP yang rata-rata setahun sekali menjadi dua kali setahun, karena kawasan pengembangan padi organik itu harus mempunyai IP minimal dua kali setahun,” terang Indah.

Olehnya itu, kata Indah, pemerintah sangat mendukung dan mensupport segala upaya yang dilakukan, utamanya bagaimana meningkatkan IP di tiga wilayah tersebut. “Pemerintah sangat mensuport ini, dengan tetap memikirkan bagaimana meningkatkan indeks pertanaman, tidak sekali setahun tapi bisa menjadi dua kali setahun. Salah satunya adalah dengan melakukan intervensi pembangunan yang terkait dengan infrastruktur pertanian, seperti irigasi dan bendung,”Jelas Indah. (Awhy)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply