DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL MENERAPKAN LAYANAN JEMPUT BOLA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KHUSUSNYA AKTA KELAHIRAN

banner 468x60)

MASAMBANEWS.- – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menerapkan layanan jemput bola administrasi kependudukan khususnya layanan akta kelahiran. Hal itu dilakukan untuk lebih mendekatkan pelayanan bagi warga.

Kadis Kependudukan dan catatan sipil Luwu Utara, Sri Suswati, Rabu (8/3), di Masamba mengatakan, salah satu hambatan warga enggan mengurus administrasi kependudukan karena jarak tempuh yang jauh dengan tempat pelayanan publik, selain itu juga karena keterbatasan waktu.

“Selama ini masih ada warga yang enggan mengurus sejumlah administrasi kependudukan, karena faktor itu, sehingga untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan, maka kita gunakan cara jemput bola” kata dia.

Sri Suswati berharap masyarakat dapat memamfaatkan layanan ini.Karena selain menghemat biaya, dengan mendapatkan layanan publik langsung ke desa setempat warga tidak perlu repot untuk berkunjung ke kecamatan bahkan ke kabupaten hanya untuk mengurus akta kelahiran.

Khusus untuk 3 kecamatan terpencil yakni kecamatan Seko, Rongkong dan Rampi, ia mengaku akan bekerjasama dengan UPTD Kesehatan, dan UPTD Pendidikan setempat untuk mengidentifikasi warga yang akan melahirkan dan yang belum mempunyai akta kelahiran. Jika data tersebut sudah ada, maka pihaknya akan melakukan tindak lanjut dengan mendatangi secara langsung .

“Layanan kependudukan dengan sistem jemput bola ini akan terus kami lakukan untuk menciptakan tertib administrasi kependudukan” tegasnya.(Drs)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply