TIGA DESA DI KEC. BAEBUNTA TERENDAM BANJIR

banner 468x60)

MASAMBANEWS.- -Hujan lebat yang terjadi di wilayah Kec. Baebunta Kab. Luwu Utara membuat tanggul yang baru selesai di bangun akhirnya Jebol. Senin.(6/3/17)  malam tadi.

 

Akibatnya daerah kec. Baebunta dan sekitarnya di tiga desa terndan banjir,  desa Mario, desa Polewali dan desa Muktijaya terendan akibat hujan lebat pada pukul. 10.30 s/d 14.30. Wita.

 

Masyarakat sekitar yang terendam banjir sementara mengungsi, dan mengamankan keluarga dan barang milik warga,

 

Sukri (Samaran), mengaku mengungsi karena kwatir hujan kembali akan turun sehingga air nantinya pasti akan lebih tinggi, apalagi saat ini curah hujan di wilayah Kab.Luwu Utara masih tinggi.”Ungkap Dia.

 

Tinggi air diperkirakan 70 cm hingga 1mtr, bila hyjan kembali turun bisa dibilang semakin tinggi, Dari pantau di lokasi jebolnya tanggul di dusun Posilla desa polewali, jembatan gantung sepanjang sepanjang 40M, hanyut terbawah air yang menghubungkan antara desa polewali dan desa Mario.

 

Persawahan warga seperti, jagung sekitar 43 ha terendam banjir, tanaman nilam 14 ha dan kebun kakao 14 ha yang berumur, 3 bulan hingga 10 tahun semua terendam banjir.

 

Diperkiran bahwa titik tanggul yang jebol  berkisar 10 sampai 15 m, sehingga kegiatan wargapun lumpuh akibat banjir dan jebolnya tanggul, meski begitu pemerintah belum melakukan upayah efektif untuk menanggulanginya. ( Drs)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply