KECAMATAN SEKO DAN SITUS PENINGGALAN SEJARAH ZAMAN BATU

banner 468x60)


MASAMBANEWS- -Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara, Sul-sel, ternyata memiliki peninggalan bersejarah di abad peradaban manusia salah satu obyek wisata yang penomenal untuk di kunjungi di kec. Seko yakni peninggalan bersejarah Megalitikum yang biasa di sebut dengan Zaman Batu.

Potensi wisata dan situs-situs bersejarah zaman Megalitikum ada di Kecamatan Seko Kab. Luwu Utara dibuktikan dengan adanya bukti monumen batu (Hatu’) yang ada dibeberapa titik di Kec. Seko.

Sebab pada zaman itu manusia sudah dapat membuat dan meningkatkan kebudayaan semua dari jenis batu besar, dimana kebudayaan ini berkembang dari zaman ke zaman  sampai ke zaman perunggu, dan pada zaman itu manusia  sudah mengenal kepercayaan walau sebatas tingkat awal, seperti percaya kepada roh-roh nenek moyang terdahulu.

Pengetahuan manusia sudah mulai meningkat. Berikut ini ada lima peninggalan bersejarah pada zaman Megalitikum akan menjadi salah satu Obyek wisata yang fenomenal di Luwu Utata, Sulawesi Selatan nantinya, dan yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

Antara lain Hatu’ Laliang ( Batu untuk tempat memasak) terletak di Desa Padang Balua, Hatu’ isong ( Batu Lesung ) terletak di Desa Padang balua, Hatu’ Sali ( Batu Lantai) terletak di Desa Hono, Hatu’ Alang ( batu lumbung padi) terletak di Desa Hono, Hatu’ Talodo (batu Air pancuran) terletak di Desa Hono, bukti sejarah bahwa ada peradaban kehidupan manusia pertama yang berada di Kec. seko KabLuwu Utata pada Zaman  Megalitikum yang ada di kec. seko.

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, juga Camat Seko Ary Seriawan, saat di temui media Masambanews pekan kemarin.Selasa (1/3/17).  membenarkan bahwa memang betul adanya bahwa peninggalan bersejarah pada zaman nenek moyang mereka, namun banyak yang berpendapat batu tersebut di buat untuk tujuan relegius seperti menghormati arwah nenek moyang mereka.”Kata Ary.

Ary, menambahkan bahwa sejarah peradaban manusia di kec. Seko dan cerita masyarakat yang ada  bahwa di zaman megalitikum ada peradaban kehidupan manusia yang dibuktikan dengan beberapa bukti sejarah peninggalan situs-situs batu yang bersejarah dan sudah banyak yang terpisah dan jaraknya sangat berjauhan.”Ungkap Ary.  (Drs)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply