LEI Gandeng Bappeda Lutra Gelar Pelatihan Sistem Informasi Geografi

banner 468x60)

MASAMBA – Pelatihan sistem informasi Geografi untuk penataan ruang dan Lokakarya peninjauan kembali tata ruang Kabupaten Luwu Utara berakhir.

Pelatihan dan lokakarya yang berlangsung sejak tanggal 01 / 09 Februari 2017 di Aula Bappeda, dimana Peserta berasal dari 9 0PD pemda luwu utara dan perwakilan dari Propinsi Sulsel yakni Dinas Kelautan dan Perikanan Sul-Sel.

Di Acara penutupan yang berlangsung pada hari Kamis kemarin, Kepala Bappeda Luwu Utara Ir. Rusydi Rasyid, M.Si. menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara yakni Land Equity Internasional (LEI ) dan kepada peserta (25 Orang) yang telah sungguh sungguh mengikuti pelatihan selama 9 hari dari pagi kadang berlangsung hingga malam hari.

Lebih lanjut di jelaskan oleh Rusydi bahwa dari hasil training ini, Pemda Luwu Utara telah memiliki staf teknis yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data, mengolah data dan menganalisis data geospasial menjadi data informasi.

Di dalam pelatihan ini sebagian peserta adalah tim gugus tugas Informasi Geospasial yang akan di sk kan oleh pemda dan akan di perkuat dengan Perbup yang nantinya menjadi cikal bakal simpul jaringan nasional informasi geospasial menuju program” one map policy” atau kebijakan 1 peta 1 data.

Persiapan dan langkah langkah menuju program ini telah di persiapkan oleh Bappeda dalam hal ini di bawah koordinasi Kepala Bidang Analisis Data Perencanaan, Aqidah, S.Pi.

Rusydi juga menyampaikan Training yang dirangkaikan dengan lokakarya ini menghasilkan beberapa rekomendasi diantaranya penggunaan aplikasi SIG yang berbasis open source karna akan sangat membantu dalam melakukan analisis penggunaan ruang, Aplikasi open source sangat efektif karna aplikasi ini tdk berbayar sehingga dapat dilakukan penghematan anggaran.

Disamping itu harapan Pemda, Implementasi program yang hanya terbatas pada OPD tertentu bisa diperluas mengingat manfaat sistem yang akan dikembangkan sangat berguna bagi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, LEI sebagai implementer program PMAP3 dengan strategi implementasi programnya sepertinya sangat tepat karena sangat mempertimbangkan sustainability program.

Meski kerjasama pemda dengan LEI berdurasi cukup pendek hanya setahun tetapi LEI menerapkan sistem on the job training dimana GIS technisian siap melatih OPD yang berminat belajar GIS setiap saat.

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply