Indah Presentase Penanganan Sungai Rongkong Di Kementrian PU

banner 468x60)

img-20161121-wa0010

JAKARTA – Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani di dampingi Kepala Dinas PU melakukan silaturahmi dan presentase Terkait dengan permohonan penanganan sungai Rongkong Kabupaten Luwu Utara di Kantor Kementrian PU Republik Indonesia.

Dalam rangka mendukung tercapainya swasembada pangan sungai Rongkong yang berpotensi mengairi persawahan kurang lebih 30.000 Ha sesuai hasil studi kelayakan bendungan Rongkong pada tahun 2013 yang di laksanakan oleh balai besar wilayah sungai pompengan jeneberang.

Saat ini potensi areal persawahan tersebut telah di kelolah masyarakat seluas kurang lebih 30.000 Ha melalui beberapa daerah irigasi yg menjadi kewenangan kabupaten, namun karena ketersediaan air yang tidak mencukupi Maka potensi tersebut belum dapat di kembangkan.

Berdasarkan pusat penelitian pengembangan SDA kementrian PU tahun 2011 debit terbesar sungai Rongkong 148.70 M3/det dan debit terkecil 45.30 M3/det, Disamping potensi tersebut sungai Rongkong juga selalu mengakibatkan banjir tiap tahun yang menyebabkan kerusakan insfrakstruktur dasar termasuk konstruksi penanggulangan banjir, jalan ,jembatan,sarana ibadah,sarana pendidikan,pemukiman serta lahan perkebunan dan persawahan milik masayarakat. Kondisi terakhir hasil tinjauan kami tanggal 29 Oktober 2016 luapan banjir sungai Rongkong telah membanjiri 3 (tiga) kecamatan, yakni Sabbang, Baebunta dan Malangke Barat.

Penyebab banjir utamanya dipengaruhi oleh pendangkalan sungai akibat tingginya sedimentasi. Hasil studi sedimentasi dan konservasi DAS Rongkong tahun 2008 total erosi lahan berkisar 327,867.73 ton/ha/tahun telah melebihi ambang batas erosi yg di izinkan yakni sebesar 91,923.20 ton/ha/tahun.

Demikian presentase Bupati Luwu Utara Sebagai bahan pertimbangan bahwa telah dilakukan beberapa studi kelayakan/feasibilty study terhadap sungai Rongkong, diantaranya: 1. Studi sedimentasi. 2. FS. D.I. rongkong, 3. SID penanggulangan sungai Rongkong, 4. FS. Bendungan Rongkong.

Berdasarkan hal tersebut diatas kami berharap kementrian terkait mempertimbangkan untuk segera membantu wilayah Luwu Utara dalam penanganan sungai Rongkong dengan Pembangunan bendung dan bendungan Rongkong yang dapat berfungsi sebagai pengendali banjir, sumber air irigasi sumber air baku dan pembangkit listrik tenaga air. Tutup indah(igo)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply