10 Pelaku Usaha IKM Dapat Bantuan Peralatan/Mesin dari Pemda Luwu Utara

Masambanwes, Luwu Utara – Sebanyak 10 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang (Luwu Utara, red) Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapatkan bantuan peralatan/mesin dari pemerintah. Penyerahan bantuan dilakukan Pjs Bupati Lutra, Muh Iqbal Suhaeb di Aula Dinas Pendidikan, Selasa 27 Oktober 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Pjs Bupati Lutra menyerahkan bantuan tersebut dan disaksikan Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (P2KUKM), H. Muh Kasrum Patawari.

Kadis P2KUKM menjelaskan,” bahwa bantuan peralatan mesin kepada 10 pelaku usaha IKM itu adalah bantuan triwulan III, karena kita semua tahu tanggal 13 Juli 2020, Luwu Utara diterjang banjir bandang, sehingga kita tunda dan baru kesempatan ini bisa kita serahkan,” terang Muh Kasrum Patawari, dalam laporannya dihadapan Pjs Bupati Iqbal Suhaeb dan para penerima bantuan IKM, seraya menambahkan bahwa bantuan tersebut bersumber dari APBD Kabupaten.

Dikesempatan itu Pjs Bupati Lutra memberikan motivasi kepada 10 pelaku usahan IKM adalah bentuk rasa cinta dan kasih sayang dari pemerintah daerah kepada warganya dalam meningkatkan usaha ekonomi warganya.

“Peralatan mesin ini yang diberikan bukan untuk per individu tapi untuk diberikan kepada kelompok untuk pengembangan usaha dalam kelompok itu, supaya bisa saling mengawasi selain menghindari penyalahgunaan bantuan jika diberikan ke perindividu,” terang Iqbal Suhaeb.

Pjs Bupati Lutra menambahkan bahwa, para pelaku IKM dan UMKM merupakan sektor yang turut berkontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang khususnya di bidang ekonomi. Kehadiran dan sinergitas para pelaku IKM maupun UMKM dengan pemerintah Kabupaten Lutra dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang  terus mengalami peningkatan.

Sementara Muh Kasrum Patawari menjelaskan bahwa, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lutra yang terus meningkat, salah satunya karena peran pelaku IKM sebagai penyangga perekonomian daerah di Kabupaten Lutra sehabis bencana banjir bandang,” jelas pria asal Bulukumba/Kajang yang kelahiran 2 September 1966.

Sektor IKM dan UMKM memiliki peranan besar dalam mengatasi permasalahan mendasar di Kabupaten Lutra berupa kemiskinan dan pengangguran.

“Apabila sektor IKM dan UMKM ini didorong dengan baik, kita berikan fasilitasi yang maksimal, maka sektor ini bisa menjadi solusi dari permasalahan kemiskinan dan pengangguran,” tukas Kasrum Patawari. (yus)