10 Orang Positif Virus Corona di Bumi Pongtiku

Masambanews, Toraja Utara – Jumlah warga Kabupaten yang berjuluk Bumi Pongtiku (Toraja Utara), Sulawesi Selatan (Sulsel), yang terpapar virus corona terus bertambah. Minggu 20 Desember 2020 malam. Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Toraja Utara (Torut) mengkonfirmasi ada tambahan 10 warga yang positif Covid-19.

Jubir GTPP Covid-19 Torut, Anugrah Yaya Rundupadang, mengatakan, ke-10 warga yang baru terkonfirmasi itu, terdata masing-masing sebagai pasien ke 112 berumur 36 tahun berdomisili di Kelurahan Rantepaku Kecamatan Tallunglipu dengan gejala (simptomatic).

Pasien 113 berumur 36 tahun berdomisili di Sangalla Utara Kabupaten Tana Toraja dengan tanpa gejala. Sementara pasien 114 berumur 30 tahun dari Rindingbatu Kecamatan Kesu tanpa gejala.
Pasien 115 berumur 36 tahun beralamat di Jalan Pramuka Kecamatan Rantepao dengan tanpa gejala. Pasien 116 berumur 13 tahun di Jalan Poros Toraja-Palopo Kecamatan Tondon dengan tanpa gejala.

Pasien 117 berumur 26 tahun beralamat di Jalan poros Toraja-Palopo, Kecamatan Tondon dengan tanpa gejala. Pasien 118 berumur 49 tahun beralamat di Jalan poros Toraja-Palopo Kecamatan Tondon dengan tanpa gejala.

Pasien 119 berumur 12 tahun beralamat di Jalan Poros Toraja-Palopo Kecamatan Tondon dengan tanpa gejala. Pasien 120 berumur 62 tahun beralamat di Lembah Keramat Kelurahan Mentirotiku dengan adanya gejala.

Sementara pasien 121 berumur 61 tahun di Kelurahan Tampo Tallunglipu Kecamatan Tallunglipu dengan adanya gejala.

Dikatakan pula, “Ada penambahan satu warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, yaitu pasien ke 120 dengan gejala dinyatakan meninggal dunia,” ujar Jubir GTPP Covid-19 Toraja Utara, Anugrah Yaya Rundupadang.

Selain ada penambahan kasus baru, Anugrah Yaya Rundupadang, mengatakan, juga Sembilan pasien yagng dinyatakan sembuh.

“GTPP akan terus melakukan penelusuran dan pelacakan kemungkinan kontak erat dengan warga lain,” katanya.

Dijelaskan, dengan terkonfirmasinya 10 warga yang baru terkonfirmasi itu, maka hingga saat ini sudah 121 orang yang dinyatakan positif Covid-19 di Toraja Utara. Rinciannya, 94 orang sembuh, tujuh masih dalam perawatan, 12 isolasi mandiri, delapan meninggal.

“Pemkab Toraja Utara tetap mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan disiplin menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19 yaitu 3M,” tandasnya. (yus)